Aneh..ada ternak di planet Mars??

Aneh..ada ternak di planet Mars??TEMPO Interaktif, ProvidenceJakarta:Nili Fossae, guratan panjang yang dalam di permukaan Mars, ternyata menyimpan banyak kejutan. Desember tahun lalu, para ilmuwan melaporkan adanya bukti karbonat, mineral yang biasanya terbentuk karena adanya air. Sebulan kemudian dilaporkan adanya kabut metana besar di daerah itu. Di bumi, gas itu dihasilkan oleh ternak meski juga diproduksi secara alami.
Bethany Ehlmann, seorang kandidat doktor di Brown University di Providence, Rhode Island, Amerika Serikat, menemukan bukti adanya mineral di Nili Fossae yang dapat menghubungkan seluruh observasi itu. Ehlmann menggunakan spectrometer pada wahana antariksa Mars, Reconnaissance Orbiter, untuk mengidentifikasi dua tonjolan mineral serpentine.
Lewat proses hidrotermal, serpentine berubah menjadi mineral olivine. Proses itu juga menghasilkan gas hidrogen, sumber energi potensial bagi mikroba yang akhirnya memproduksi metana.
Proses serpentinisasi itu sendiri juga menghasilkan metana, tanpa memerlukan perantara organisme hidup. "Itulah sumber metana di masa lalu," kata Ehlmann. Temuan ini dilaporkan Ehlmann pada Lunar and Planetary Science Conference di Woodlands, dekat Houston, Texas. Dalam air temperatur rendah, serpentine juga bisa diubah menjadi karbonat.

Meski begitu, temuan ini tidak mengesampingkan kemungkinan adanya kehidupan di Mars saat ini. Hal itu bergantung pada apakah kehadiran serpentine berpengaruh pada produksi metana yang ditemukan saat ini. "Kebetulan ini memang membingungkan bahwa ada satu wilayah tempat kami menemukan mineral yang kemungkinan besar merupakan sumber metana, namun waktunya tidak tepat," kata Ehlmann.

Masalah waktu itu muncul karena serpentine yang ditemukan di Mars adalah mineral purba yang diperkirakan berusia 3,8 miliar tahun, sedangkan laporan gas metana itu berasal dari masa yang sama. Ehlmann menyatakan ada dugaan celah bawah tanah yang dalam itu memungkinkan air dan panas yang dibutuhkan bagi pembentukan serpentine sekarang ini.

0 komentar to "Aneh..ada ternak di planet Mars??"

Posting Komentar

Followers

About This Blog

Web hosting for webmasters